Sponsors Link

Abses Gigi pada Anak – Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan dan Komplikasinya

Sponsors Link

Abses gigi pada anak umumnya merupakan benjolan yang berisi nanah dan terdapat pada gigi. Terkadang muncul pada ujung akar gigi dan hal ini disebut dengan istilah abses periapikal. Nanah yang berkumpul pada benjolan tersebut lama-kelamaan akan menimbulkan rasa nyeri pada anak. Oleh karena itu ibu perlu menjadi waspada terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan timbulnya abses gigi. Ibu juga perlu mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Dengan demikian kesehatan gigi anak akan selalu terjaga. Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai abses gigi pada anak antara lain sebagai berikut.

ads

Gejala

Berikut beberapa gejala abses gigi pada anak:

  1. Umumnya timbul penyebab demam pada anak.
  2. Timbul rasa nyeri pada anak.
  3. Mulut dan wajah anak seringkali tampak memerah akibat adanya rasa nyeri yang dirasakan dan ditahan. Rasa nyeri ini berupa sensasi berdenyut pada gigi. Denyutan ini terkadang menjalar hingga ke tulang rahang dan leher atau bahkan telinga.
  4. Kelenjar getah bening yang terdapat di area bawah rahang atau leher membengkak sekaligus terasa nyeri.
  5. Disertai adanya penyebab gusi bengkak pada anak di bagian wajah atau pipi.
  6. Saat benjolan abses pecah maka mulut akan berbau kurang sedap.

Penyebab

Abses gigi pada anak dapat muncul karena adanya beberapa penyebab, termasuk sebagai berikut:

Diagnosis

Untuk mendiagnosis pasien dapat dilakukan beberapa tindakan pemeriksaan oleh dokter. Tindakan pemeriksaan akan diawali dengan pemeriksaan rongga mulut secara keseluruhan. Gigi pasien juga akan diketuk agar dokter bisa tahu dengan pasti bagian gigi manakah yang mengalami abses. Sebab penyebab karies gigi pada anak yang mengalami abses tentunya akan menjadi lebih sensitif. Setelah itu pasien akan menjalani foto rontgen untuk mengidentifikasi abses serta mengetahui perkembangannya. Jika abses telah menyebar ke bagian leher maka pasien akan menjalani pemeriksaan melalui CT scan.

Pengobatan

Untuk mengatasi abses gigi maka dokter akan menghilangkan infeksi dan menyelamatkan gigi pasien dengan cara mengebor bagian bawah gigi dan mengangkat jaringan lunak yang terinfeksi. Dokter bisa juga mengeringkan abses dengan cara mengeluarkan nanah dari dalam benjolan abses. Namun jika infeksi telah menyebar ke gigi yang lain maka dokter akan meresepkan antibiotik untuk menghentikan penyebarannya. Untuk kondisi yang lebih parah yaitu jika gigi sudah tidak bisa diselamatkan maka dokter akan mencabut faktor penyebab kerusakan gigi pada anak yang mengalami abses.

Komplikasi

Abses gigi yang tidak segera ditangani akan beresiko menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya seperti rahang, leher, dan kepala pasien. Penyebab sakit gigi pada anak ini bisa menyebar ke seluruh tubuh serta bersifat mematikan jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu segeralah lakukan penanganan jika mengalami kasus abses gigi.

Abses gigi pada anak sebaiknya tidak dipandang remeh. Sebab hal ini bisa menimbulkan resiko serius pada anak. Ajarilah anak-anak untuk selalu memahami cara merawat gigi anak agar selalu sehat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 01st, July 2018 / 04:11 Oleh :
Kategori : Gigi Anak Balita